Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Godean, Kecamatan Loceret, telah melaksanakan Ziarah Makam Aulia’ pada Ahad (18/09/2022).

 

Kegiatan ini merupakan suatu program kerja dari Departemen Dakwah yang bertujuan untuk mempererat lebih dalam tali silaturahmi, membangkitkan solidaritas dan melestarikan tradisi amaliyah Aswaja.

 

Pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan 3 rute yakni Mbah Khayat Winong, Mbah Kanjeng Djimat Berbek dan Syech Abdul Mursyad Kediri. Dengan bertawasul, tahlil serta doa yang dipimpin oleh Rekanita Alumni Pondok Krempyang, dan diakhiri dengan ramah tamah bersama Rekan & Rekanita.

 

Acara Ziarah ini dihadiri oleh para pengurus dan anggota ranting Godean, beberapa pengurus PAC dan Rekanita ranting Sukorejo serta Rekanita dari luar desa yang turut menyukseskan acara.

 

Dalam kegiatan ziarah sudah seperti tradisi orang jawa serta amaliyah Ahlussunah wal Jama’ah tujuan dari ziarah tersebut adalah tabarrukan(mengharapkan keberkahan), ikroman (memuliakan), ta’dhiman (mengagungkan), dan khidmatan (mengabdi) semata-mata ibadah karena Allah. Ziarah kubur merupakan salah satu bentuk adat NU dengan itu cara kita mengenang atau menghormati leluhur yang sudah wafat. Dalam ajaran Islam menyebutkan bahwa barang siapa dekat dengan para kekasih Allah dapat dijadikan washilah untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Melalui ziarah juga kita juga bisa intropeksi diri bahwa mati itu pasti,maka apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan semasa hidupnya agar bermanfaat dan bernilai positif, bahwa setelah alam dunia akan ada alam akhirat.

 

Dalam kesempatannya, Ketua PR IPPNU Godean, Latifa mengungkapkan semoga kegiatan Ziarah ini kedepannya bisa Istiqomah tiap tri wulan sekali, IPNU IPPNU makin dikenal dikalangan desa Godean dan bisa mengadakan acara selanjutnya yang akan datang.