Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Desa Mlorah, Kecamatan Rejoso lagi-lagi mengagendakan Wisata Religi dan Ziarah Gunung Kidul pada Hari Sabtu (10/09/2022).

 

Tujuan yang ditawarkan pada ziarah kali ini adalah : 1) Makam Sunan Bayat, 2) Makam Pendiri IPNU, 3) Pantai Indrayanti, 4) Hutan Pinus Pengger, 5) Malioboro, dan terakhir yaitu 6) Pusat Oleh-oleh Belanja.

 

Hanya dengan mengeluarkan 150.000, kita sudah bisa menikmati itu semua. Tentu harga ini sepadan sekali bila dibandingkan dengan tujuan yang akan didatangi nantinya.

 

Secara bahasa, Ziarah berasal dari bahasa Indonesia yang berarti kunjungan ke tempat yang dianggap keramat atau mulia, makam, dan lain sebagainnya. Sedangkan berziarah adalah berkunjung ke tempat yang dianggap keramat atau mulia, makam dan lain sebagainya untuk berkirim doa.

 

Hal ini menarik sekali, sebab Pelajar NU di Ranting Mlorah secara tidak langsung memiliki niat baik untuk melestarikan budaya Nahdlatul Ulama’, yakni Ziarah Kubur, di mana beberapa orang menganggap perkara ini sebagai hal yang baru di kalangan umat islam atau perkara yang belum pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad saw.

 

Semoga saja, dengan keberlangsungan kegiatan ini, bisa membawa dampak baik bagi Pelajar NU khususnya, untuk lebih mendalami lagi tentang adat-istiadat Nahdatul Ulama’, agar organisasi yang sudah hampir berumur 1 abad ini tetap bisa eksis di tengah gempuran zaman modernitas.