Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Loceret mengadakan kegiatan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) & Pelantikan Ranting di GOR (Gedung Olahraga) Desa Kwagean pada Sabtu-Ahad (28-29/01/2023).

Kegiatan Makesta ini diikuti oleh peserta yang merupakan tingkat pelajar. Makesta ini mengusung tema “Membentuk Pribadi Pelajar NU Berlandaskan Ahlussunah Wal Jama’ah An-Nahdliyah.”Makesta ini juga dihadiri oleh Ketua PC IPNU IPPNU Nganjuk, MWC, Lazisnu, Fatayat, Pak Carik Kwagean, Polsek Loceret. Dalam acara tersebut pelaksanaan diawali dengan pembukaan dan kemudian diberi berapa materi mulai dari Ke-NU-an dan ASWAJA, IPNU IPPNU, Ke-Indonesia-an, Organisasi dan Kepemimpinan, Administrasi, Studi Gender dan lainnya.

Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) merupakan jenjang kaderisasi formal pertama dalam organisasi Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama (IPPNU) sebagai badan otonom organisasi NU, sekaligus menjadi persyaratan untuk menjadi anggota IPNU dan IPPNU yang sah. Dalam pelatihan ini diorientasikan untuk melakukan ideologisasi pada anggota baru. Sebuah pengkaderan itu salah satu kewajiban organisasi. Tanpa kaderisasi, organisasi mati.

Makesta diadakan dengan tujuan untuk menanamkan ideologi Aswaja juga pentingnya berorganisasi, dan terwujudnya jiwa intelek serta milenial. Karena tidak hanya mendapat berbagai pengetahuan, acara ini juga melatih para peserta untuk disiplin & mampu meneruskan perjuangan sekaligus Khidmah dalam organisasi NU, makesta juga merupakan jenjang awal bagi para remaja sebelum memasuki organisasi IPNU-IPPNU. KH Hasyim Asy’ari pernah berkata “Siapapun yang mengurus NU dia adalah santriku dan siapapun yang menjadi santriku semoga masuk surga bersamaku.” Dari situlah para remaja termotivasi untuk mengikuti dan menghidupkan organisasi NU melalui IPNU dan IPPNU.

Sementara itu, ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Nganjuk Rekan Arif menyampaikan bahwa menjadi pemimpin yang baik akan selalu berusaha untuk memperbaiki pengurus dan pemimpin selanjutnya, Pemimpin yang baik akan melahirkan pemimpin yang lebih baik untuk melanjutkan kepengurusannya,”ujarnya.

Ia berpesan bahwa berada di IPNU dan IPPNU jangan ada niatan untuk memperbaiki organisasi IPNU dan IPPNU akan tetapi niatkan untuk memperbaiki diri di IPNU maupun di IPPNU dan bukan sebaliknya mari sama-sama kita terus lakukan kaderisasi ini jangan sampai kita terlena dengan pola hidup yang serba digitalisasi ini sehingga akan lupa membesarkan organisasi.” pungkasnya.

Dalam kesempatannya, Binti Kusnul Khotimah, selaku Ketua PAC IPPNU dalam sambutannya mengatakan bahwa makesta adalah langkah awal pengkaderan untuk terjun ke IPNU-IPPNU.

“Dengan mengikuti makesta berarti rekan-rekanita semuanya sudah melangkah maju tahap awal untuk terjun ke IPNU-IPPNU selain sebagai hal tersebut dalam kegiatan ini juga akan membantu para calon aggota untuk mendapatkan pengalaman, teman, dan ilmu yang bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun di masyarakat,”.

Dengan terselenggaranya Makesta ini diharapkan melahirkan anggota anggota IPNU IPPNU yang memiliki loyalitas totalitas dan solidaritas yang tinggi dan mampu berkhidmat secara cerdas, keras dan ikhlas.

Pewarta : Imelda Francesca