Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Loceret melakukan bagi-bagi takjil pada Kamis (20/04/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di depan Kantor Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Loceret. Yang dijadwalkan mulai Pukul 16.00 – 17.00 WIB.

Rangkaian acara ini dihadiri oleh pengurus dan anggota PAC IPNU-IPPNU Loceret, dan didampingi oleh Polsek Loceret. Turut dihadiri pula oleh pengurus ranting IPNU-IPPNU se-Kecamatan Loceret.

Ketua PAC IPNU Loceret, Abdul Basit Al Khakim mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih kepekaan sosial kepada masyarakat setempat.

Rekan Basit mengatakan, takjil yang disiapkan ini dibagikan kepada masyarakat yang melintas di jalan depan Kantor MWC NU Loceret.

“Di bulan suci ini cara kita berbagi dengan membagikan takjil, karena anak remaja sekarang sudah jarang yang peka dengan saling memberi kepada sesamanya,” ujar Abdul Basit Al Khakim.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini bisa dijadikan sarana mempererat silaturahmi antar pengurus hingga anggota IPNU-IPPNU setempat.

Terlebih, lanjut, kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh PAC IPNU IPPNU Loceret saat bulan Ramadhan.

Menurut dia, masyarakat setempat antusis untuk ingin mendapatkan takjil ini. Karena itulah, ia telah menyiapkan beberapa bungkus takjil untuk masyarakat setempat yang melintas di jalan.

“Berbagi takjil ini merupakan acara tahunan PAC IPNU IPPNU Loceret. Acaranya mesti ramai, karena banyak orang yang mengantri untuk mendapatkan takjil gratis,” ungkapnya.

Diharapkan, berbagai takjil ini bisa menjadi bekal makanan masyarakat atau pengguna jalan raya saat berbukalah puasa.

“Mereka bisa berbuka puasa, meskipun harus berhenti sebentar di jalan, mereka bisa membatalkan puasanya ketika terdengar adzan magrib di jalan,” lanjutnya.

Setelah selesai acara berbagai takjil, jajaran IPNU-IPPNU Loceret ini juga melaksanakan buka bersama di tempat.

Wakil Ketua (Waka) Dakwah PAC IPNU Loceret, M Lil Musthofa menambahkan, kegiatan berbagi pada bulan Ramadhan ini bisa menjadi sarana sedekah.

“Bulan ramadhan adalah momen dimana kita memperbanyak amal baik salah satunya dengan bersedekah makanan dengan bagi bagi takjil, selain itu juga untuk menjalin silahturahmi antar anggota maupun pengurus,” ujar M. Lil Musthofa .

Pewarta : Imelda Francesca