Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Rejoso, Nganjuk Jawa Timur membuka kegiatan Konferensi Anak Cabang (Konferancab) XVI pada Sabtu (20/01/24). Kegiatan yang digelar di halaman Gedung Olahraga Mojorembun, Rejoso itu turut dimeriahkan dengan penampilan Tari Nganjuk Nyawiji.

Salah seorang penari, Aprilia Puan Maharani, menjelaskan bahwa Tari Nganjuk Nyawiji merupakan sajian tari yang menunjukan bahwa hubungan antara pribadi manusia dengan diri sendiri dan sekitarnya juga penting untuk berlangsungnya kehidupan. Susunan gerakan tarian tersebut bersumber dari seni dan budaya yang ada dan berkembang di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur.

“Tarian ini menggambarkan sebuah kebersamaan, dalam kebhinekaan. Semangat bersatu untuk meraih keberhasilan. Tari Nyawiji menawarkan gelora semangat, serta memberi asa yang menggebu,” jelasnya.

Laila Rohmatin Nisa’ yang merupakan Ketua Pelaksana Konferancab PAC IPNU IPPNU Rejoso itu menjelaskan alasan dari adanya penampilan Tari Nganjuk Nyawiji di pembukaan Konferancab ini. Menurutnya ini adalah salah satu langkah untuk memperkenalkan tarian khas Nganjuk, sekaligus upaya melestarikan seni dan budaya Nganjuk.
“Kami berharap Tari Nganjuk ini dapat dikenal luas dan tetap lestari,” pungkas mahasiswi IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk itu.

Ketua PC IPPNU Nganjuk Miftahul Inayah menyampaikan bahwa penampilan Tari Nganjuk Nyawiji tersebut merupakan langkah kreatif dalam mengenalkan budaya lokal kepada masyarakat, bahkan penampilan tari ini mendapat apresiasi positif dari para penonton.
“Penampilan seni tersebut sangat kreatif, karena mengenalkan budaya lokal dan membangkitkan kecintaan pada daerah,” terang wanita yang akrab disapa Inayah itu.

Ia berharap agar para kader IPNU-IPPNU yang ada di Rejoso bisa turut serta dalam upaya pelestarian budaya lokal.

“Semoga ke depan rekan-rekanita IPNU dan IPPNU di wilayah Kecamatan Rejoso khususnya, bisa menjadi motor penggerak dalam pelestarian budaya,” pungkasnya.

Turut hadir pada acara pembukaan di antaranya Perwakilan Camat Rejoso, Ketua Tanfidiyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Rejoso, perwakilan PAC Gerakan Pemuda (GP) Ansor Rejoso, PAC Fatayat NU, Muslimat NU Rejoso, serta beberapa tamu undangan.

Pewarta : Dina Tia Fatikasari