Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Berbek, Nganjuk mengadakan kegiatan Ziarah ke Makam Leluhur Adipati Pertama Kabupaten Nganjuk, Ahad (8/9/2024).

Ketua IPNU Berbek Burhanul Asfiya mengatakan, ziarah adalah salah satu bentuk pengingat bagi mereka yang masih hidup agar dapat mengambil pelajarannya serta hikmahnya. Kegiatan dilakukan sebagai upaya mengenalkan para ulama yang berjasa dalam perkembangan dan melestarikan NU, khususnya di Berbek.

“Kita niatkan untuk mempererat tali silaturrahim, agar persatuan ini menjadi saksi dan dicatat amal kebaikan yang tidak putus dan bisa membawa dampak positif bagi IPNU IPPNU di Kecamatan Berbek untuk lebih mendalami salah satu tradisi nahdliyin,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ziarah bagian dari tradisi yang harus dilakukan. Karena secara tidak langsung dengan ziarah memiliki niat baik untuk melestarikan budaya NU yaitu ziarah kubur di mana beberapa orang menganggap perkara ini sebagai hal yang baru di kalangan umat Islam.

Waka Dakwah PAC IPNU Berbek Bustanul Arifin menjelaskan, acara ziarah merupakan kegiatan yang bagus dan harus terus dilestarikam. Pasalnya, sebagai aktivis NU harus siap secara lahir batin dan harus mengetahui sejarah para kiai.

“Kegiatan yang sangat berkesan, bisa kembali ziarah ke makam para ulama, kemudian pendiri dan penggerak NU di Berbek. Para aktivis NU harusnya sering-sering ziarah ke makam para pendahulunya,” pungkasnya.

Pewarta : Dina Tia Fatikasari