Nganjuk – Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nadhlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nadhlatul Ulama (PC IPNU IPPNU) Nganjuk telah sukses mengadakan kegiatan MilleNUal Qur’an yang bertempat di Madin Miftahul Ulum Dsn. Wonoasri Ds. Ngadirejo Kec. Tanjunganom Kab. Nganjuk pada Sabtu – Minggu (5-6 Maret 2022) kemarin. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.00 WIB – 16.00 WIB.

 

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah secara umum MilleNUal Qur’an bertujuan untuk membentuk kader yang memiliki kemampuan, keterampilan mendidik dan mendampingi santri TPQ untuk membaca Al-Qur’an. Sedangkan, secara khusus tujuan dari MilleNUal Qur’an ini adalah :

  1. Membentuk relawan yang menguasai materi-materi dalam baca Al-Qur’an.
  2. Membentuk relawan IPNU IPPNU yang mempunyai kemampuan optimal dalam pendidikan Al-

Qur’an.

  1. Mampu memahami dan melaksanakan tugasnya mendampingi santri TPQ dalam baca Al-

Qur’an.

 

MilleNUal Qur’an terdiri atas 2 kepanitian , yakni panitia inti ( tim departemen Dakwah PC IPNU IPPNU Nganjuk ) dan panitia lokal ( rekan rekanita PAC Tanjunganom ). Kegiatan ini diikuti oleh 44 peserta yang terdiri dari delegasi setiap PAC  dan PKPT se-kabupaten Nganjuk. Selain itu, Kegiatan ini juga dihadiri oleh PC NU kab. Nganjuk, MWC NU Tanjunganom, PR NU Ngadirejo , PGTPQ kab. Nganjuk dan tentunya dikawal oleh tuan rumah.

 

Bapak Imron PCNU memberi pesan kepada PC IPNU IPPNU Kab. Nganjuk untuk berperan ikut ambil bagian didalam pendidikan Al-Qur’an.

 

Selain itu, Rekan Rochim selaku panitia menyampaikan bahwa MilleNUal Qur’an adalah Anggota IPNU IPPNU yang dibina dan dibimbing menjadi sebuah relawan untuk mendampingi generasi faham Al-Qur’an.” Katanya

 

“MilleNUal Qur’an dilaksanakan  selama 2 hari setelah itu baru tindak lanjut yaitu terjun ke TPQ² yang ada di Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan memiliki tujuan mendampingi proses belajar baca Al-Qur’an di TPQ, menjembatani perizinan operasional TPQ yang belum memiliki izin, mengenalkan IPNU IPPNU. Selain tujuan juga memiliki kemanfaatan yaitu bagi PAC/PKPT akan memiliki tim pengajar Al-Qur’an, bagi TPQ tidak akan kekurangan guru lagi, bagi relawan sendiri tentunya akan meningkatkan kualitas baca Al-Qur’an dan bisa bermanfaat bagi lingkungan diwilayahnya masing-masing”. Tambahnya

 

Dalam sambutannya Ketua PC IPPNU Nganjuk Rekanita Intan menyampaikan bahwa “MilleNUal Qur’an ini merupakan program unggulan PC IPNU IPPNU Nganjuk dan mengharap peserta serius didalam belajar di Diklat ini, jika belum tau ditanyakan tidak usah takut. Percaya Diri aja, karena kesempatan ini tidak datang kedua kalinya, selain serius didalam Diklat tapi juga serius didalam RTL nya.” Harapnya.

 

Selain itu, Bapak Imron selaku PCNU Nganjuk juga mengapresiasi PC IPNU IPPNU Kabupaten Nganjuk yang telah mengadakan kegiatan ini. “Dengan adanya MilleNUal Qur’an IPNU IPPNU diharapkan mampu ikut berperan didalam proses pendidikan Al-Qur’an.”